Setelah lama ditunggu-tunggu akhirnya hamsterku buntingΒ  juga. Awalnya aku agak sangsi, bisakah Hua Ce Lei dan San Cai hidup harmonis dan meneruskan keturunan??

Anyway, tips supaya hamster hamil::

  • hamster jangan sering-sering diliatin, dipegang-pegang, dan dikeluarin dari kandang. Mungkin kalo dikasi perhatian dan cinta berlebih dari kita, hamster-hamster tadi nggak bakalan minta perhatian dari pasangannya. Cuma asumsi lho.
  • beri makan TAOGE!! Dokter hewan sendiri yang kasih saran. Jangan termakan beli ebi kemasan mahal yang katanya bikin hamster cepet hamil.
  • hamster jangan terlalu disayang. Seperti contohnya pasir diganti tiap hari, serbuk kayu diganti tiap 3 hari, peralatan dicuci tiap minggu. Bersihkanlah kandang waktu bauknya mulai menusuk dan mengganggu (bau nggak enak biasa tidak masuk hitungan).

Setelah itu hamster akan hamil dan perutnya baru kelihatan besar sekali di saat-saat akhir kehamilannya. Kemudian pisahkan hamster jantan dan betina di kandang yang berbeda. Ambil semua tangga, perosotan dan segala macam tempat yang sekiranya bisa bikin hamster jatuh. Karena hamster hamil sangat hiperaktif, suka memanjat, dan lompat dari ketinggian meskipun berjalan saja susah.

Sediakan tempat untuk bayi hamster (rumah-rumahan plastik kecil tempat mandi juga boleh). Ganti makanan dan pasir tiap kali kelihatan basah. Intinya jaga higienitas dan gizi ibu hamster.

Kemudian ibu hamster akan melahirkan. Jangan sekali-sekali melihat hamster melahirkan! Karena nanti betinanya akan stres dan nggak jadi melahirkan (kata orang-orang). Dan jangan suka lewat-lewat depan kandang hamster baru melahirkan soalnya hamsternya gampang kaget.

Ini laporan kemajuan pertumbuh kembangan bayi hamsterku~~::

  • 20/04/2010 (0 hari)

Hamster Jr. nya lahir. Ukuran 3 cm, warna pink menjijikkan tanpa bentuk. =D Hamster betina akan berusaha menyembunyikan anaknya dari pandangan orang dengan cara mendudukinya. Bayi ini jangan sampe terpegang karena nanti dimakan sama induknya. Dan apapun yang terjadi sama kandangnya, jangan diberesin atau diubah-ubah kecuali buat ngganti air minum sama kasih makanan.

  • 27/04/2010 (7 hari)

Mulai tumbuh bulu pendek di punggung, tangan, dan kaki. Kulit hamster Jr. masih tipis, pink dan kuping belum terlihat jelas. Oiya, matanya masih kayak titik hitam dibalik kulit. Entah itu matanya belom kebentuk atau udah ada cuman masih buta. Hamster Jr. mulai gerak-gerak berusaha bangun. Hamster Jr. yang kuat bahkan udah jalan-jalan keliling kandang. Nah di hari ini aku baru berani ngganti pasirnya yang udah basah bauk dan yaks banget deh pokoknya. Karena hamster Jr. mendapat makanan dari susu induknya, pastikan air buat si Mrs. HamsterΒ  ada. Mrs. hamster ku seneng banget makan biji bunga matahari di fase ini. Terus sediakan ebi kemasan soalnya proteinnya tinggi, jadi baik buat Hamster Jr.

  • 8/04/2010 (11 hari)

Hamster Jr. mulai tumbuh pesat dengan ukuran sejempol wanita. Bulu mulai panjang, telinga mulai keliatan tegak, dan jalan-jalan putar-putar kandang. Mrs. Hamster mulai memberikan makanan padat berupa kacang-kacangan dan biji bunga matahari ke Hamster Jr. yang juga mulai bisa memanjat tempat makanan. Tetapi Mrs. Hamster masih menyusui. Dan frekuensinya makin meningkat. Kayaknya sih.. =D

Foto-foto Hamster Jr. umur 11 hari:::

Advertisements