Halo!

Akhirnya saya bisa menulis lagi setelah banyak ini-itu yang terjadi.

Sekarang saya sedang memasang wallpaper Rain di laptop! –kalimat random– Ah ya dia cute sekali dengan single eyelids-nya.

Saya mau tulis diary kemarin nih. Tentang lasagna yang saya bikin dan serba-serbinya. Dengan meminjam kata chaos di sana-sini yang adalah tagline Sinta. Siap?

(appetizer untuk melangkah ke paragraf selanjutnya :D)

 Selasa, 13/08/11

07.00 – Saya mandi, soalnya mau ke kampus buat klinik Pedodonsia. Masih damai.

07.30 – Selesai mandi, liat hape, ternyata kaki pasien saya masih sakit karena ketusuk beling. Jangan kuatir, pasien saya memang setengah kuda lumping. Terus? Batal ke kampus dong? Asik!

08.00 – Ah stressnya, deadline sudah dekat pasien malah sakit. Akhirnya saya kepikir buat bikin lasagna. Terus siang mau ke kampus C buat foto.

09.00 – Malah liat DVD.

09.30 – Ngobrol sama tetangga depan rumah, mau minta pandan buat ditanam.

10.00 – Baru mulai ngiris bawang bombai.

10.08 – Terima SMS, isinya jam 12 harus ke kampus. Mulai chaos.

11.00 – Lasagna selesai direbus. Jadinya sobek-sobek. Saya panik. Angkat lasagna, kepanasan. Tiup-tiup tangan. Lasagna dingin, lengket. Makin panik. Nyalakan kran. Potong plastik (kok ya nggak dari tadi). Taruh lasagna selembar-selembar dibatasi plastik.

11.15 – Waduh sudah jam segini. Mana sempat? Cepat-cepat bikin saus keju. Tuang kiri-kanan, persetan sama resep.

11.20 – Menata layer demi layer dengan lasagna yang sobek-sobek. Modus PANIK: MENYALA. Lampu merah di dada kedip-kedip, kayak Ultraman.

11.30 – Lasagna masuk oven. Damai. Saya makan. Lapar setengah mati. Sambil sms Sinta. Nggak sadar waktu.

11.50 – Lasagna matang. Masih sempat difoto dulu.

11.55 – Ah MAMAA! Sudah jam segini!!! Cuci muka, pake bedak, pake atasan (biru), pake jilbab (ungu). Persetan lah saya pake jaslab kan.

12.00 – Berangkat.

12.05 – Sms masuk, pengarahan sudah dimulai. Aigoo~

12.15 – Sampai di kampus. Parkir mobil. Lari. Lari. Lari. Telat. Telat. Telat.

Tapi meski dibuat dengan panik dan pastanya robek-robek, menurut saya Lasagna adalah makanan nomor 2 yang tidak mungkin gagal dibuat (dengan nomor satunya adalah Macaroni Schotel). Serius nih. Saya kan nubitol juga soalnya. Hahaha.

Anda mau bikin lasagna dengan budget anak kos di tengah bulan (duit mulai habis)?

Berikut saya tampilkan resepnya secara eksklusif beserta resep orisinalnya. Tinta merah adalah versi revisi dari saya.

Lasagna Daging

Sumber: Femina tapi saya copas dari http://bankresep.wordpress.com

Bahan:

12 lembar lasagna siap pakai (kalau mau bikin juga bisa, rebus sampai lunak, tiriskan, dan jangan sampai ditumpuk saat meniriskan, nanti susah memisahkannya) — saya pakai 4 lembar

Bahan isi :

500 gram tomat segar, buang kulitnya, cincang halus, atau blender — saya pakai 1 buah tomat ukuran sedang

50 gram pasta tomat (optional) — saya pakai sepertiga kaleng kecil tomato puree Ayam Brands

250 gram saus tomat *coret

500 gram daging cincang — saya pakai 200gr

1 siung bawang bombay, cincang halus — saya pakai yang ukuran kecil

3 siung bawang putih, geprek dan cincang — 2 saja

1 sendok teh garam (atau sesuai selera)

1/4 sendok merica

1/4 sendok pala bubuk *coret

1 sendok teh oregano — ini penting lho

1 sendok teh basil *coret

Bahan Saus:

25 gram mentega/ margarin — 2sdm

25 gram tepung terigu — 1 sdm

400 ml susu — 200 ml

100 ml krim kental *coret

125 gram keju parut (campuran keju Chedar dan parmesan) — setengah blok keju ProCheese

1/4 sendok merica

1/4 sendok pala bubuk *coret

Keju chedar dan parmesan untuk taburan — seperempat blok keju Kraft QuickMelt. Sebenarnya saya pakai cuman karena penasaran saja.

Cara membuat bahan isi:

Tumis bawang putih, masukan bawang bombay, tumis sampai harum dan layu.

Masukan daging, aduk sampai berubah warna, masukan tomat, pasta tomat dan saus tomat, aduk-aduk sampai tercampur rata.

Masukan garam, merica, lada, oregano, dan basil, aduk sampai matang, angkat, sisihkan.

Nyalakan Oven saat kita akan membuat Saus, supaya oven panas saat penyusunan lasagna selesai dilakukan.

 Cara membuat bahan saus:

Panaskan margarine.

Masukan tepung sekaligus, aduk sampai tepung matang dengan wisk.

Masukan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan wisk, supaya tepung tidak mengumpal.

Masukan krim kental.

Masukan keju parut.

Masukan merica dan lada.

Aduk sampai matang

Cara menyusun:

1. olesi pirex dengan mentega 2. susun lasagna 3. isikan bahan isi 4. siram dengan saus 5. lakukan kembali langkah 2 s/d 4 sampai semua bahan habis 6. Taburi dengan keju parut 7. panggang sampai matang

 Notes:

Saya memanggang selama 20 menit dengan suhu 350 derajat.

Saya pakai pinggan keramik ukuran 20x13x5 cm. Hadiah lebaran dari si Mamah.

Kalau mau atasnya nggak kering, loyangnya bisa ditutup pakai aluminium foil. Belum nyoba sih, tapi saya liat di Podcast saya.

Feel free buat menambah potongan jamur atau brokoli atau apapun di saus kejunya.

