Saya ini orang yang baik hati. Saya selalu memberi kesempatan kedua, ketiga, bahkan keempat. Jika lebih dari itu, maka namanya keterlaluan.

Tidak percaya?

Buktinya saya memberi kesempatan pada hidangan Korea, sekali lagi, supaya bisa sepaham dengan lidah saya.

Saya akhirnya memasak ddeokbokki, snack yang katanya terkenal di Korea itu. Yang seharusnya enak kata orang Korea itu…

Resepnya adalah (diambil dari sini)

300 gram rice cake . 4-6 sdm hot pepper paste . 1 sdm gula . 4 cup air . 7 buah dried anchovy . 7 cm bawang pre

Masukkan air dan ikan, rebus selama 10 menit, angkat ikan. Masukkan hot pepper paste, gula, rice cake. Aduk sampai kuah mengental dan rice cake empuk.

Apa itu hot pepper paste?

Dalam bahasa Indonesia, hot pepper paste berarti saos sambal. Nggak percaya?

Seharusnya lengkapnya adalah saos sambal fermentasi. Tuh kan. Korea ini negara yang sangat fermentatif sekali ternyata.

Tapi, di salah satu buku yang saya baca, nenek moyang bangsa Korea memang sering mem-fermentasi makanan supaya awet disimpan waktu musim dingin karena nggak banyak makanan. Ternyata akhirnya ditemukan kalau makanan fermentasi ini lebih sehat juga.

Kesimpulannya ddeokbokki adalah cireng yang nggak digoreng tapi dikukus, dengan saos sambal yang telah mengalami proses fermentasi. Rasanya pedas. Aromanya menyengat.

Ah saya nggak sampai hati mau ngomong nggak enak. Pokoknya rasanya Korea banget gitu lah.

Siapa saja yang kepingin kawin sama personel SuJu, 2AM, Shin Min Ah, harus mulai dibiasakan makan-makanan yang di fermentasi.

Song Hye Kyo makan ini! Mungkin dia cantik gara-gara kebanyakan produk fermentasi.

Oke. Saya terobsesi dengan kata fermentasi.

