Saya tengah mengalami masa maniak nonton Running Man. Meskipun sudah telat, saya tahu. Ibaratnya saya adalah orang terakhir yang sadar kalau menonton Running Man menyebabkan hampir pipis di celana dan mengundang lirikan orang tua saya yang memandang saya dengan pandangan anak-saya-kenapa-lagi-ini karena tertawa menatap laptop di kamar yang kosong, sambil mengenakan headset, sendirian.

Dalam beberapa episode-nya Running Man menampilkan beberapa makanan Korea. Ada satu-dua yang familiar di mata saya. Kenapa? Karena saya pernah tinggal di Korea? Ya bukan lah. Tapi semata-mata karena ini.

Seingat saya pada episode 34 dan 37 tampillah menu Ddeokbokki dan pada episode 26 ada Jjajangmyeon. Huyeah! Saya hafal kan.

Sebetulnya masih ada episode lain yang juga menampilkan makanan. Cuman saya nggak kenal.

Yang saya nggak habis pikir, ddeokbokki menurut bangsa Korea adalah snack yang sangat enak. Di episode 26, si bintang tamunya malah ngiler liat Jjajangmyeon! Saya nggak habis pikir. Ditambah dengan rasa penasaran.

Oke saya jelaskan satu-per-satu dengan bahasa dunia kuliner.

Ddeokbokki adalah snack beras (putih dengan terkstur kenyal) yang disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran kaldu ikan, bawang pre dan bahan utama berupa red pepper paste. Jadi rasanya sudah pasti pedas dan panas.

Jjajangmyeon adalah mie (atau spaghetti, saya tidak tahu) yang disiram dengan kuah kental yang terbuat dari campuran kentang, wortel, bawang, daging, zucchini dan bahan utama yang berupa black bean paste.

Dan yang bikin saya makin penasaran adalah di rak mi instan impor di supermarket ternama, rasa yang paling sering muncul adalah si jjajangmyeon. Kemudian kimchi dan seafood.

Ya tau sendiri lah kimchi rasanya seperti apa..

Saya makin penasaran nih.

Advertisements